ANIMASI KOMPUTER
PENGERTIAN ANIMASI KOMPUTER
Animasi komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak dengan sendiri melalui penggunaan komputer dan merupakan sebagian bidang komputer grafik dan animasi. Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special effeknya semuanya di kerjakan dengan komputer. Animasi semakin banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D, walaupun grafik komputer 2D masih banyak ada .CARA KERJA ANIMASI KOMPUTER
- Pra-produksi (Konsep, Skenario, Pembentukan karakter, Storyboard, Dubbing awal, Musik dan sound FX), Produksi (Lay out, Key motion, In Between, Background, Scanning, Coloring),
- Post-produksi (Composite, Editing, Rendering, Pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya)
- Dikerjakan/digarap seorang animator dengan banyak bantuan komputer, teknik cell animasi diadopsi dalam animasi komputer, kertas gambar dalam pembuatan sebelumnya di program menjadi frame komputer, jadi yang semula kumpulan gambar menjadi kumpulan frame dan dibuat di dalam satu layer atau beberapa layer.
JENIS
ANIMASI KOMPUTER
- Komputer Assist
Beberapa
contoh pertama dari animasi komputer komersial secara tradisional menggunakan
bantuan komputer. Hal ini bisa dalam bentuk komputer yang memproduksi ”
perantara” atau gambar yang menghubungkan dua inputan yang sama oleh seniman
(sehingga memungkinkan seniman untuk menggambar karakter lebih sedikit).
Komputer animasi pembantu pertama kali digunakan dalam sebuah film animasi di
“The Mouse Detective Besar” Disney pada tahun 1986. Sebuah adegan dalam film
berlangsung didalam jam, dan roda gigi mekanik kompleks benar-benar diberikan
dalam komputer sebagai kawat-frame grafis sebelum dipindahkan ke sel, di mana
mereka bersatu dengan unsur-unsur lain dari TKP. Teknik yang sama digunakan
oleh Disney dalam film kemudian seperti “Beauty and the Beast” (1991),
“Pocahontas” (1995) dan “Tarzan” (1999) .
- Gerak Kontrol dan Script
Animasi
komputer yang paling modern menggunakan sistem kendali gerak yang digunakan
oleh animator untuk memanipulasi pembuatan sebuah objek, dan kemudian
memindahkan obyek telah yang melalui serangkaian pose. Metode ini menghasilkan
gerakan yang akan menghasilkan gambar gerakan akhir. Animasi gerak kontrol
pertama dilakukan dengan sistem scripting seperti ASAS (Aktor Script Sistem
Animasi). Dalam skenario ini, animator adalah seorang programmer komputer yang
menulis kode dalam bahasa komputer untuk menghasilkan sebuah objek dan
memberikan gerakan obyek itu. Sebagai animasi komputer berkembang, sistem yang
lebih interaktif dikembangkan untuk memungkinkan animator untuk berinteraksi
dengan gambar dan benda-benda melalui antarmuka yang lebih abstrak. Kode
sekarang ditulis secara otomatis, berdasarkan masukan yang animator membuat
menggunakan antarmuka visual dan memanipulasi subjek dengan mouse, keyboard
atau perangkat input lainnya.
- CGI Compositing
Animasi
komputer juga digunakan di tempat teknik yang lebih tua dari film animasi.
Sejak adanya bioskop, unsur-unsur animasi telah ditambahkan kedalam gambar
difoto. Unsur-unsur lain, seperti model atau latar belakang dicat, juga
digunakan dan harus susah payah dipasangkan dengan rekaman live-action. Ini
melibatkan proses optik panjang di mana berbagai elemen yang kembali difoto
beberapa kali agar dapat composited bersama menjadi satu gambar. Karena
kompleksitas proses, efek khusus yang mahal dan jarang digunakan dalam jumlah
besar oleh semua tapi film yang paling tinggi dibiayai.
Komputer citra yang dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan pembuat film untuk menggunakan layar biru atau hijau untuk memilih bagian dari film yang nantinya dapat dengan mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan gambar dari sumber lain, baik foto atau sepotong adegan animasi. Komputer compositing animasi bahkan berfungsi di banyak konsumen tingkat program video editing.
Komputer citra yang dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan pembuat film untuk menggunakan layar biru atau hijau untuk memilih bagian dari film yang nantinya dapat dengan mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan gambar dari sumber lain, baik foto atau sepotong adegan animasi. Komputer compositing animasi bahkan berfungsi di banyak konsumen tingkat program video editing.
- Motion Capture
Motion
capture adalah jenis animasi komputer yang telah memperoleh banyak peminat
dalam beberapa tahun terakhir. Motion capture ini bergantung pada sensor kecil
yang ditempatkan pada karakter di berbagai titik di sekitar tubuh mereka. Para
aktor melakukan dan gerakan mereka ditangkap oleh kamera yang dapat menemukan
sensor dan melacak gerakan mereka. Gerakan ini kemudian dapat ditransfer ke
komputer-tokoh yang dirancang akan bergerak dengan cara yang persis sama
seperti aktor lakukan.
Motion capture sangat signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara metode tradisional pembuatan film dan teknologi baru. Beberapa contoh dari motion capture termasuk, Gollum di film “Lord of the Rings”,
Motion capture sangat signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara metode tradisional pembuatan film dan teknologi baru. Beberapa contoh dari motion capture termasuk, Gollum di film “Lord of the Rings”,
- Animasi Flash
Salah satu
jenis akhir animasi komputer adalah Flash animasi. Animasi Flash merupakan
salah satu nama untuk program Flash dari Adobe yang telah mereka produksi,
meskipun saat ini ada program lain yang juga memungkinkan animator untuk
menciptakan “flash” animasi. Walaupun keterbatasan dalam hal gerakan dan gaya,
namun Flash lebih murah untuk memproduksi ,karena itu sekarang flash semakin
meningkat popularitasnya. Animasi Flash sering digunakan dalam iklan dan umum
sebagai konten video di situs Web.
SEJARAH
ANIMASI KOMPUTER
Awal
perkembangan animasi komputer sudah dimulai sejak tahun 1964, ketika Ivan
Sutherland dari Massachussetts Institute of Technology berhasil mengembangkan
sebuah program bernama sketchpad yang mampu menggambar sinar – sinar garis
langsung. Hasilnya sebuah objek sederhana, sebuah kubus dengan garis – garis.
Sejak New
York Institute of Technology memulai rencananya untuk menciptakan
Computer-Animated feature film (1970), gelombang pertama dari commercial
computer graphic studio mulai terlihat. Film Visionary George Lucas merekrut
Catmul dari NYIT pada tahun 1978 untuk membuka Lucas Film Computer Development
Division. Pada saat Lucas Film sedang mengadakan riset tentang bagaimana
pengaplikasian digital teknologi terhadap feature film, studio – studio lain
mulai menciptakan flying logo dan broadcast graphic untuk beberapa perusahaan
seperti National Football League, dan televisi program seperti NBC dan ABC.
CONTOH ANIMASI KOMPUTER